Wednesday, February 12, 2014

KELENTENG TEK HAI KIONG TEGAL


kelenteng tek hai kiong tegal



Kelenteng Tek Hay Kiong Tegal, berdiri diatas tanah seluas 4500 meter persegi, usia kelenteng Tek Hay Kiong kini sekitar 318 tahun dengan Tuan Rumahnya Ze Hai Zhen Ren / Tek Hay Cin Jien () yang nama aslinya Konco Guo Liuk Kwan [Kwee Lak Kwa] yang artinya “Seorang insan yang telah mencapai Ke Tuhanan dan Kebajikan seluas lautan”, merupakan dewa pujaan utama di Kelenteng Tek Hay Kiong Tegal.

Tek Hay Kiong (Ze Hai Gong) didirikan pada tahun Ding You atau tahun ke 17 pemerintahan Kaisar Dao Guang dari Dinasti Qing (1837 M) oleh Kapiten Tan Koen Hway (Chen Kun Huai) bersama rekan-rekannya serta masyarakat Tegal pada waktu itu.




Nama Tek Hay Kiong ini dapat diartikan sebagai “Istana” untuk menghormati Tek Hay Cien Jien (Ze Hai Zhen Ren) dan juga merupakan nama baru bagi Cin Jin Bio (Zhen Ren Miao) yang pada waktu itu telah rusak. Berdasarkan prasasti yang ada, pembangunan Kelenteng Tek Hay Kiong oleh Kapiten Tan Koen Hway ini dianggap sebagai Restorasi Tek Hay Kiong yang pertama.

Selanjutnya pada masa kepengurusan Kapiten Tan See Gwan (Chen Suan Yuan : putra dari Kapiten Tan Koen Hway) pada tahun 1895 atas prakarsa dari Kapiten Khouw Kok Thai (Xu Guo Tai) Kelenteng Tek Hay Kiong dilengkapi dengan sebuah genta besar untuk keperluan upacara sembahyang yang didatangkan dari Propinsi Fu Jian.

Restorasi kedua dilaksanakan pada tahun 1897. Pada tahun 1899 tokoh masyarakat Tegal, Lie Kauw Jeh (Li Jiu Ying) menyumbang sebuah tambur besar beserta tiang ukir penyangganya.
Restorasi ketiga dilaksanakan pada tahun 1957 dan restorasi keempat dilaksanakan pada tahun 1982.
Sedangkan Ketenteng Tek Hay Kiong sendiri berarti Kelenteng Lautan Kebajikan.
Bagi masyarakat Tegal dan sekitrnya Konco Tek Hay Cin Jien dipuja sebagai Dewa Pelindung. Mereka percaya bahwa bagi mereka yang dapat mendekati jiwa kepribadiannya, akan dapat menikmati dan niscaya akan mendapat berkah dan keselamatan Kongco Tek Hay Cin Jien.




Banyak versi yang mengungkapkan tentang riwayat Kongco Tek Hay Cin Jien, beliau seorang yang bertubuh tinggi besar, pemberani, rajin dan ramah tamah.
Sejit Konco Tek Hay Cin Jien adalah tanggal 2 bulan 2 Imlek (Jie Gwee Ce Jie), adapun Konco Tek Hay Cin Jien juga menjadi Dewa pujaan utama kelenteng Tek Hay Bio Semarang dan Kelenteng An Chen Bio Indramayu. Kimsin konco juga ada di Kelenteng Jin De Yuan [Kim Tek Ie] – Jakarta, Kelenteng Po An Tian – Pekalongan, Kelenteng Tiauw Kak Sie – Cirebon, Kelenteng Hok Tek Bio – Brebes dan Kelenteng Hok Ie Kiong – Slawi


tek hai kiong


Catatan khusus menyebutkan bahwa Konco Tek Hay Cien Jien datang ke kota Tegal pada tahun 1737, sebagai utusan perdagangan Tiongkok yang datang ke nusantara untuk melakukan kegiatan perekonomian. Oleh karena itu, Kongco Kwee Lak Kwa sering melakukan perjalanan ke kota-kota dipesisir utara jawa, yang dibantu oleh dua orang asistennya.

Dalam kehidupan sehari-harinya, beliau hidup sebagai pedagang dan sangat disegani oleh masyarakat setempat, selain itu beliau sering tukar menukar ilmu pengetahuan, diantaranya mengajar mencari ikan, bercocok tanam dan mengadakan usaha dagang.

Dalam perjalan pelayaran sebagai utusan perdagangan, disekitar pantai Tegal beliau berhadapan dengan sekelompok bajak laut yang berusaha menaiki perahunya. Dengan wajah tenang Konco Kwee Lak Kwa meminta pembajak bersabar agar dia diperkenankan mandi dan berganti pakaian. Setelah mandi dan berganti pakaian Konco bersama kedua asistennya turun kedarat meninggalkan perahu, sekonyong-konyong angin bertiup dengan dasyatnya, dan ombak menggulung lenyap perahu beserta para pembajak yang tidak sempat melarikan diri. Sejak itu Konco Kwe Lak Kwa beserta kedua pengiringnya lenyap. Karena hal-hal itulah mereka percaya bahwa Konco Kwee Lak Kwa sesungguhnya adalah orang sakti.




Di Kelenteng Tek Hay Kiong Tegal, pada awalnya cuma menyembah 3 dewa, yaitu:
- Tek Hay Cin Jin / Ze Hai Zhen Ren
()
Untuk menghormati jasanya pada masyarakat Tegal.
- Chen Gwan Cin Kun
Merupakan pelindung masyarakat propinsi Hokkian (masyarakat Tionghoa Tegal sebagian besar berasal dari sana).
- Hok Tek Cheng Sin / Fu De Zhen Shen
( – Simplified) ( – Traditional)
Dewa bumi pelindung kaum perantauan.
Kemudian bertambah beberapa dewa lagi, yaitu:
- Hian Thian Siang Tee / Xuan Tian Shang Di ()
- Hian Tan Kong / Xuan Dan Gong
- Kwan Seng Tee Kun / Guan Sheng Di Jun / Guang Gong ( – Simplified) ( – Traditional)
- Kui To Sheng Kun / Gui Dou Xing Jun
- Kuan Im / Guan Yin
- Thai Sui Sheng Kun / Tai Sui Xing Jun
- Seng Hong Kong / Cheng Huang Gong
- Khong Tek Cun Ong / Guang Ze Zun Wang
- O Mie To Hud / A Mi Duo Fo
- The Cong Ong Pho Sat / Di Zhang Wang
- Sin Long Tay Tee / Zen Nong Da Di
- Lam Tou Seng Kun / Nan Dou Xing Jun
- Pak Tou Seng Kun / Bei Dou Xing Jun
- Poo Seng Tay Tee / Bao Sheng Da Di ()
- Ka Lam Ya / Jia Lan Ye
- San Sui Ko Ko / San Sui Ge Ge
- Thian Ho Sheng Bo / Tian Hou Sheng Mu
- Wie To Pho Sat / Wei Duo Pu Sa
- Bie Lek Hud / Mi Le Fo
- Chau Kun Kong / Zhao Jung Gong
- Sam Kwan Tay Tee / San Guan Da Di
- Hian Wan Oey Tee / Xuan Yuan Huang Di
- Kaisar Hok Hi, Giau, Sun dan Ie (Fu Xi, Yao, Shun dan Yu)
- Thay It Kiu Ko Thian Chun / Tai Yu Jiu Gu Tian Jun

4 terakhir di puja apabila ada sembahyangan khusus, misalnya Tahun Baru Imlek.






Kegiatan-kegiatan di Kelenteng Tek Hay Kiong Tegal antara lain:
- Mengadakan pelajaran Tao.
- Mengajarkan sembahyang Tao yang sumbernya diambil dari Bai Yun Guan (White Cloud Temple) Beijing – China, di bina oleh Tan Ming Shan.

Upacara ritual yang diadakan tiap tahun:
- Sembahyang Pantai
Tanggal 13 Bulan 1 Imlek

Pada saat itu Kelenteng Tek Hay Kiong mengundang kelenteng-kelenteng dewa laut dari kota lain karena Tek Hay Cin Jin adalah dewa laut diadakan di pantai Tegal
- Kirab Toa Pe Kong
Tanggal 14-15 Bulan 1 Imlek
Kelenteng Tek Hay Kiong mengeluarkan 8 tandu dan biasanya kelenteng indramayu juga mengirim 1 tandu pusaka untuk mengikuti kirab ini. Kirab ini biasanya keluar sampai ke jalan utama.




- Sembahyang Rebutan / Tiong Guan
Tanggal 15 Bulan 7 Imlek
- Upacara Sejit Tek Hay Cin Jin
Tanggal 2 Bulan 2 Imlek
Diadakan secara besar-besaran untuk merayakan hari pertama Kong Co Tek Hay Cin Jin datang ke Tegal dan upacara sejit dewa-dewa lainnya.

 



No comments:

Post a Comment

Designed By Handoyo Huang (Seo Blogger Templates) copyright 2013